Monday

KEAGUNGAN PANGKAT WALIYULLAH SEORANG GURU TAREKAT


(PART 1)

KEAGUNGAN PANGKAT WALIYULLAH SEORANG GURU TAREKAT NAQSYABANDIYAH ALMUDZHARIYAH YANG BERNAMA AL ARIF BILLAH AL ALIM  ALLAMAH AL MAGHFURLAH SYAIKH KH AHMAD  SIRAJUDDIN QS, SAMPANG, MADURA, JATIM


Syaikh KH Ahmad Sirajuddin Sampang adalah seorang guru Tarekat Naqsyabandiyah  yang sangat tersohor pada pada zamannya (wafat pada Tahun 1957)

Kami (penulis) sangat sulit untuk melacak tentang informasi keseluruhan riwayat hidupnya. Jejak rekam hidup beliau berikut ini adalah informasi dari beberapa guru mursyid dan keterangan beberapa ikhwan sepuh yang pernah menceritakan kepada kami tentang sedikit kehidupan wali agung Syaikh KH Ahmad Sirajuddin.

Syaikh KH Ahmad Sirajuddin adalah khalifah tarekat Naqsyabandi dari Syaikh KH Hasan Basuni Pakong. Dan Syaikh KH Hasan Basuni adalah khalifah dari Syaikh KH Abdul Adzim Bangkalan (pembawa Tarekat Naqsyabandiyah pertama kali ke Pulau Madura).

Syaikh KH Ahmad Sirajuddin Sampang banyak mempunyai murid yang dibelakang hari sebagian dari mereka kemudian  menjadi ulama dan guru tarekat yang berpengaruh. Penulis akan menyebut mereka karena mereka punya hubungan dengan riwayat hidup Syaikh KH Ahmad Sirajuddin. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Habib Muhsin Ali Alhinduan (Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah), Sumenep, Madura.

Habib Muhsin Ali Al Hinduan adalah seorang guru tarekat Naqsyabandiyah yang banyak pengikutnya dan seorang mursyid yang berpengaruh di Indonesia setelah masa dari Prof. DR. Syaikh Haji Jalaluddin Bukit Tinggi (keterangan dari seorang peneliti tarekat Naqsyabandiyah Indonesia Dr. Martin van Bruinessen)

Dalam karya tulisan kitabnya yang berjudul Nafahatul Anbariyah, Habib Muhsin  menyebut gurunya (KH Ahmad Sirajuddin) ini dengan gelar WALIYUL KABIR (Wali yang besar).

Habib Muhsin Ali Alhinduan sangat mencintai Syaikh KH Ahmad Sirajuddin. Setiap hari di waktu Ashar, Habib rutin bertawajjuh kepada Syaikh KH Ahmad Sirajuddin dengan bersepeda onthel, menempuh jarak kurang lebih 14 KM. Habis isya' Habib beluau pulang. Begitulah seterusnya tiap hari.

Menurut riwayat, dulu, Syaikh KH Ahmad Sirajuddin sering ditahan oleh polisi, dan Habib Muhsin sering meminta kepada pihak kepolisian untuk menjadikan dirinya  sebagai jaminan dan pengganti tahanan dari gurunya ini. Pembaca mungkin bertanya, apa sih salah Syaikh KH Ahmad Sirajuddin hingga beliau ditahan polisi?

Syaikh KH Ahmad sirajuddin adalah seorang guru tarekat Naqsyabandiyah yang sangat fantastis. Dan kefantastisan ini adalah salah satu karamah beliau. Sering dalam acara majelis tawajjuhan, ketika sedang menawajjuh murid-muridnya, beliau membuat murid-muridnya berterbangan di udara seperti kapas.  Para murid yang sedang bertawajjuh kepada beliau banyak yang mengambang dari lantai mesjid dalam posisi tetap bersimpuh dan berdzikir. Hampir semuanya menangis meraung-raung khusyuk (khararoh). Ada yang terlempar sampai keluar masjid, ada yang tak berhenti mengambang (terbang) berputar-putar di dalam ruangan mesjid. Sehingga shaf murid yang bertawajjuh sudah tidak beraturan rapi lagi. Habis tawajjuhan, murid yang ... Baca selengkapnya

No comments: